BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS

Minggu, 03 Januari 2010

Volume 4: Kesehatan, Teknologi Informasi, dan Musik

DAFTAR ISI

  1. Tonikum Herbal China untuk Kesehatan Anda
  2. Bantalan Kaki Bisa Menyedot Polutan dari Tubuh?
  3. Mengatasi Fobia
  4. Browser Chrome Ciptaan Google Lebih Baik
  5. Auto-Tune: “Penyulap” Suara-Nyanyi Pales Menjadi Merdu

KESEHATAN JASMANI

Tonikum Herbal China untuk Kesehatan Anda

Gaya masak untuk pengobatan atau untuk menghasilkan tonikum bagi kesehatan jasmani Anda adalah suatu tradisi selama berabad-abad dari China. Tradisi ini berdasarkan gagasan bahwa semua ramuan masakan bisa dikelompokkan sebagai yin (makanan yang memperlambat metabolisme), yang (makanan yang meningkatkan metabolisme), atau netral. Ketika digabungkan secara tepat, ramuan ini bisa menolong Anda memperoleh kunci dari semua kesehatan: keseimbangan.

Gaya masak untuk menghasilkan tonikum yang manjur masih diperdebatkan. Tapi para dokter herbal China bersikeras bahwa tonikum produksi mereka berkhasiat untuk membersihkan dan meremajakan tubuh, mencegah penyakit, dan memelihara kesehatan dan umur panjang. Ada sekitar seratus obat herbal China yang bisa dipandang sebagai obat dan makanan.

Beberapa ramuan yang dipakai paling banyak untuk menghasilkan tonikum herbal China memberi khasiat demikian:

  • Kacang rubah. Anti penuaan, berguna untuk organ bagian dalam (terutama limpa kecil) dan penawar racun pencernaan.
  • Akar astralagus. Suatu tonikum yang diminum lewat teh atau dimakan melalui sup, dipercaya memperkuat dan meningkatkan aliran energi hidup, melindungi sistem kekebalan tubuh, dan mengurangi peradangan.
  • Jujube. Suatu tonikum netral yang dipakai untuk melegakan stres, menambah energi, dan mengobati anemia.
  • Beri serigala (wolfberry). Beri serigala, disebut juga buah lisium, kaya akan antioksidan dan mineral. Sebagai suatu tonikum yin, beri serigala dipercaya menghilangkan racun dari hati dan ginjal.
  • Bijih teratai. Tonikum netral ini dipercaya memperkuat limpa kecil, meningkatkan kesehatan ginjal dan merawat jantung.

Tidak diketahui apakah obat-obat dan makanan tradisional China ini bisa Anda peroleh di Indonesia. Yang jelas Anda bisa menemukannya di Metropole Herbal Restaurant di Singapura, Yusheng Fang Yaoshian Canting di Taipei (Taiwan), She Wong Leung di Hong Kong, dan Zhong Wei Yu Yuan Fu Shan di Beijing (China).

Sumber: Time January 11, 2010 halaman 44-45

Bantalan Kaki Bisa Menyedot Polutan dari Tubuh?

Anda barangkali pernah menonton di televisi iklan tentang bantalan kaki yang dikleim bisa menyedot racun dari tubuhmu. Pukullah bantalan itu pada telapak kakimu dan esoknya keringatmu akan mengeluarkan zat logam, mineral dan zat-zat beracun lainnya yang sudah menumpuk dalam tubuhmu. Jejak kaki berwarna coklat yang seperti tercetak pada bantalan itu adalah bukti bahwa racun-racun dalam tubuhmu sudah diserap – tubuhmu sekarang baru karena bebas polutan.

Iklan ini memang menggoda, terutama mereka yang makan atau berolahraga tidak sebagaimana mestinya. Godaan untuk memperoleh penyembuhan secara mudah ikut menjelaskan mengapa minat pada detoksifikasi (pembersihan racun-racun dalam tubuh) dan pembersihan yang mendalam melonjak. Di awal tahun 2009, Spa Finder, suatu sumber konsumen untuk informasi spa di AS, menemukan  bahwa lebih dari 40% orang yang mencari pelayanan spa online mencari sesuatu untuk membersihkan tubuhnya dari polutan-polutan dalam tubuhnya. Ini hampir 50% lebih tinggi dari data untuk tahun 2007. Kebanyakan spa menawarkan semacam detoksifikasi yang mencakup kolonika (colonics), suntikan urus-urus pada usus dengan memakai air yang secara praktis membilas usus pasien.

Tapi ternyata detoksifikasi menurut iklan tadi sedikit sekali hasilnya. Warna coklat pada bantalan kaki itu sebenarnya berasal dari zat-zat kimia  yang berubah warna apabila bantalan itu menjadi basah – sekalipun kelembaban itu berasal dari sesuatu yang bebas racun seperti air yang disuling. Pelayanan detoksifikasi macam ini tidak punya landasan ilmiah, tidak beda dengan kleim keampuhan obat minyak ular beberapa tahun silam.

Kalau begitu, mengapa iklan tentang kleim kesembuhan yang luar biasa karena detoksifikasi begitu populer? Gagasan tentang pembersihan racun-racun dari tubuh cukup menggoda sehingga banyak pelanggan tidak berhenti sejenak untuk bertanya apakah ada bukti ilmiah bahwa pengobatan melalui detoksifikasi bisa membuat mereka sehat kembali.

Sumber: Time February 16, 2009 halaman 42.

KESEHATAN MENTAL

Mengatasi Fobia

Fobia, rasa takut yang ekstrim atau irasional, muncul dalam berbagai sikap dan perilaku dari mereka yang menderita gangguan mental ini. Ada yang sangat takut melihat orang makan atau minum, sangat takut akan ular, sangat takut terbang dengan pesawat atau ketinggian, dan lain-lain, tanpa alasan yang masuk di akal.

Menurut suatu penelitian yang diterbitkan tahun 2008 oleh Lembaga Nasional untuk Kesehatan Mental Amerika Serikat, 8.7% orang berusia di atas 18 tahun di AS punya suatu fobia khusus.

Pengobatan fobia sering melibatkan CBT, cognitive behavioral therapy. CBT melihat fobia sebagai suatu perangkat perilaku yang dipelajari dan kebiasaan buruk yang bisa diatasi seorang penderita fobia melalui latihan.

Akan tetapi, para periset di Universitas New York (AS) sudah menerapkan metode penyembuhan fobia yang berbeda dengan CBT melalui eksperimen yang mereka sebut “eksperimen rekonsolidasi ingatan”. Hasil rangkaian eksperimen ini mereka terbitkan dalam majalah Nature Desember 2009. Menurut studi mereka, orang yang fobianya kambuh menunjukkan ingatannya yang traumatik; ingatan ini adalah dasar atau sumber fobianya. Segera sesudah fobianya kambuh, ingatannya yang traumatik menjadi rapuh. Masa fobianya yang kambuh bisa berlangsung selama enam jam; selama masa kambuh ini, dokter bisa membentuk kembali ingatannya, menulisnya kembali menurut suatu cara yang bisa menghilangkan rasa takut irasional itu.

Hasil eksperimen rekonsolidasi ingatan yang dilakukan Universitas New York terhadap penderita fobia mengesankan. Para peserta dalam penelitian yang mereka terbitkan dalam Nature itu mula-mula dilatih untuk merasa takut akan suatu rangsangan tertentu yang dipilih secara acak, yaitu, mereka ditunjukkan kartu-kartu berwarna sementara menerima kejutan-kejutan listrik yang kecil; kemudian, mereka direkondisi selama masa rekonsolidasi. Rasa takut mereka hilang. Rasa takut itu tetap hilang ketika para peserta studi itu dites setahun kemudian.

Terapi mental lain yang dipakai para psikiater untuk menyembuhkan fobia disebut “psikoterapi psikodinamika”, mirip psikoanalisis. Dalam metode penyembuhan ini, dokter memerankan kembali perilaku orang atau pihak lain yang menjadi sumber fobia seorang penderita. Pasien fobia direkondisikan untuk mengidentifikasi sumber sesungguhnya yang tidak berbahaya dari fobianya dan mengatasi rasa takutnya yang irasional terhadap sumber itu.

Dalam psikologi modern yang menangani fobia, ada tiga cara yang lazim untuk menyembuhkan fobia. Cara yang paling baru dan yang keempat dipakai para periset di Universitas New York tadi. Akan tetapi, masing-masing punya kekurangannya.

Jadi, apakah keempat cara untuk mengobati fobia dan kekurangannya itu?

  1. Flooding. Metode ini mengembangkan toleransi pasien terhadap suatu obyek yang ditakuti, seperti seekor laba-laba, melalui suatu penyingkapan (exposure), misalnya, sekamar penuh laba-laba. Kekurangan metode ini: pasien belum tentu mau menjalani terapi macam ini.
  2. Desensitization. Terapi ini melibatkan teknik-teknik perenggangan otot-otot untuk menolong pasien mentoleransi peningkatan yang berangsur-angsur dari penyingkapan suatu benda yang ditakuti. Kekurangan: para terapis mengatakan terapi ini bisa menurunkan kehormatan diri pasien.
  3. Medication. Cara pengobatan ini menggunakan antidepresan (obat penenang saraf) seperti inhibitor-inhibitor (pencegah, penghambat) bernama monoamine oxidase (MAO) untuk mengurangi rasa panik dan meningkatkan percaya diri pasien. Kekurangan: efek samping terapi ini bisa mencakup penurunan kemampuan seksual dan berat badan.
  4. Reconsolidation. Metode ini tidak “menyerbu” jiwa pasien, menulis kembali ingatan traumatik dengan informasi yang mencegah kembalinya fobia pada pasien. Kekurangan: Kepraktisan dan ketahanannya belum dipastikan, tapi hasil-hasil laboratorium menjanjikan.

Sumber: Time January 11, 2010 halaman 33-34.

TEKNOLOGI INFORMASI

Browser Chrome Ciptaan Google Lebih Baik

Apa kekhasan Chrome, browser yang lebih baik dan gratis ciptaan Google? Kesederhanaan dan kecepatan.

Hasilnya, berdasarkan statistik penggunanya, luar biasa. Ada sebanyak 40 juta pengguna aktif Chrome. Chrome berada di urutan ketiga pemakaian browser sesudah Internet Explorer dan Firefox. Menurut berbagai pengujian yang terpisah, Chrome menduduki urutan pertama dalam hal kecepatan browser.

Sekitar setahun yang lalu (2009), Google melansir versi beta dari Google Chrome untuk Windows. Browser ini sederhana, bersih dan cepat. Pada bulan Desember 2009, Google memperkenalkan Chrome untuk Mac dan Linux, dan mengakibatkan pasaran untuk browser ini mengungguli Safari, browser dari perusahaan lain. Sekarang, pasaran Chrome membuntuti Firefox dan Internet Explorer.

Apa kelebihan Chrome?

  1. Keamanan dan stabilitas. Misalnya, Anda tidak perlu melansir kembali suatu situs web yang “macet” (tidak bisa diakses) karena tab-tab lain dari browser itu akan tetap berfungsi.
  2. Kecepatan. Ciri unggulannya. Penelitian terpisah menunjukkan Chrome mem-boot dan membuka halaman-halaman Web lebih cepat dari Internet Explorer dan Firefox.
  3. Gratis.

Sumber: Time January 11, 2010 halaman 35.

INDUSTRI MUSIK POP

Auto-Tune: “Penyulap” Suara-Nyanyi Pales Menjadi Merdu

Untuk menjadi penyanyi pop yang tenar, Anda perlu latihan vokal, tidak saja secara teratur tapi juga lama. Anda juga perlu pelatih vokal yang memenuhi syarat. Anda pun perlu mengasah atau menguji kemahiranmu dengan menyanyi pada berbagai kesempatan dan dengan mengikuti berbagai lomba nyanyi. Peluang Anda untuk diperhatikan pengusaha industri rekaman musik pop menjadi besar dan Anda akhirnya menjadi tenar melalui rekamanmu yang pertama.

Teman atau lawanmu malah tidak mendapat peluang ini karena suaranya tidak memenuhi syarat. Bidikan notnya sembarangan, suaranya pun pales. Ahli seni-nyanyi yang menolongnya pun sulit memperbaiki kesalahannya dan tidak tahu metode apa lagi yang bisa dia pakai untuk memperbaiki teknik nyanyi dia.

Penyanyi dengan masalah-masalah vokal seperti tadi sekarang tidak perlu kecewa. Auto-Tune, suatu trik studio yang bisa diunduh dari Internet, bisa “menyulap” penyanyi dengan kemampuan rata-rata menjadi penyanyi pop yang tiba-tiba hebat. Perangkat ini bisa menerima suatu vokal dan segera menyentuhnya pada not yang tepat dan menggerakkannya pada tingginada (pitch) yang tepat. Auto-Tune tidak akan mengubah seorang penyanyi amatir dengan kemampuan nyanyi biasa saja menjadi seorang penyanyi profesional. Kalau dipakai sesuai niat penciptanya, perangkat lunak ini bisa mengubah suatu penampilan yang meragukan menjadi sesuatu yang secara teknis tanpa cacat.

Penemu Auto-Tune adalah seorang lelaki bernama Andy Hildebrand. Selama bertahun-tahun, pekerjaannya berhubungan dengan penafsiran data seismik untuk industri minyak bumi. Dengan memakai suatu rumus matematik yang disebut autocorrelation, Hildebrand mengirimkan gelombang-gelombang bunyi ke dalam tanah dan mencatat pantulannya. Catatan ini memberikan suatu peta yang cermat tentang tempat-tempat pengeboran potensial dari minyak bumi. Teknik ini memampukan perusahaan-perusahaan minyak bumi menghemat banyak uang dan mengizinkan Hildebrand pensiun dini pada usia 40 tahun. Dia tengah menggumuli bab berikut dari hidupnya pada suatu pesta jamuan ketika seorang tamu wanita menantangnya untuk menemukan sebuah kotak yang memampukannya menyanyi tanpa suara pales. Sesudah mengutak-atik otokorelasi selama beberapa bulan, Auto-Tune lahir menjelang akhir 1996.

Segera, para pakar rekaman studio menerima perangkat lunak itu sebagai suatu rahasia dagang untuk memperbaiki not-not yang keliru. Auto-Tune ternyata memampukan mereka menghemat biaya dan kesibukan mengulangi rekaman nyanyian. Auto-Tune diperkenalkan pertama kali kepada umum melalui rekaman lagu “Believe” yang dinyanyikan Cher pada tahun 1998.

Bagaimana cara kerja Auto-Tune?

  • Memakai suatu rumus matematik yang disebut otokorelasi untuk menerima vokal yang keliru dari seorang penyanyi lalu memanipulasinya menjadi not atau tingginada yang betul.
  • Kecepatan penyelarasan ulang suara-nyanyi yang keliru (retune speed) menetapkan secepat apakah Auto-Tune memindahkan suatu suara dari not ke not. Kalau disetel pada angka 10, ada suatu penyangga (buffer) selama 10 milidetik yang menciptakan kembali transisi alami yang dibuat manusia di antara bunyi-bunyi. Kalau disetel pada angka 0, perangkat lunak ini segera berpindah pada not berikut, dan mengakibatkan seorang penyanyi kedengaran seperti sebuah robot dalam Short Circuit.
  • Sejak 1990-an, para ahli rekaman lagu pop sudah mengandalkan Auto-Tune untuk memperbaiki vokal-vokal pop tanpa diketahui pencipta perangkat lunak ini, tapi selama beberapa tahun terakhir, pemakaiannya meningkat, dan mengakibatkan banyak nyanyian yang direkam kedengaran tepat tapi membosankan. Sementara itu, seniman hip-hop seperti T-Pain sudah memakai Auto-Tune secara terang-terangan untuk mendistorsi suara-nyanyinya dengan sangat berhasil.

Sumber: Time February 16, 2009 halaman 43-44.

0 komentar: